Social Network Analysis dalam Mengukur Keaktifan Promosi Universitas di Media Sosial Twitter

Authors

  • Ahmad Rifai Universitas Semarang
  • Eka Putri Rachmawati Universitas Semarang
  • Dinar Anggit Wicaksono Universitas Semarang

DOI:

https://doi.org/10.33022/ijcs.v11i3.3097

Keywords:

Social Network Analysis, Universitas, Promosi, Twitter, sosial media

Abstract

Banyaknya Universitas baru yang bermunculan membuat semakin ketatnya persaingan dalam menarik minat calon mahasiswa. Social Network Analysis (SNA) salah satu metode untuk menganalisis interaksi pengguna media sosial dalam menghasilkan informasi yang dapat mendukung dalam pengambilan keputusan untuk melakukan promosi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keaktifan Universitas dalam melakukan promosi melalui media sosial twitter. Sosial Media Analysis (SNA) menunjukkan aktor (node) dengan nilai degree centrality (sering dihubungi) adalah aktor dengan nama sbmptnfess pada Universitas Dian Nuswantoro dengan nilai sebesar 21 node. Sedangkan aktor yang memiliki jangkauan yang paling dekat (Closseness centrality) Universitas Semarang, Universitas Sultan Agung, Universitas Dian Nuswantor, dan Universitas PGRI Semarang memiliki nilai yang sama. Sehingga aktor dari ke empat universitas tersebut memiliki kedekatan jangkauan sebesar 1.0. Sedangkan Aktor sebagai penghubung yang baik (Betweenness Centrality) adalah Universitas PGRI Semarang dengan nilai tertinggi sebesar 0.010096 dengan aktor turungences.

Downloads

Published

31-12-2022