Sistem Informasi Manajemen Laundry Menggunakan Metode Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web

Authors

  • Cindy Juliani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ilka Zufria

DOI:

https://doi.org/10.33022/ijcs.v11i3.3119

Abstract

Laundry arion merupakan usaha yang bergerak di pelayanan terima cuci bersih perlengkapan rumah tanggga berupa pakaian, bed cover dan perlengkapan lainnya. Laundry Arion melakukan pencatatan manual dalam manajemen laundry seperti pembelian perlengkapan laundry, pengolahan data konsumen, pencatatan pengeluaran serta pemasukan laundry. Laundry arion mengolah data masih menggunakan buku pencatatan. Pelayanan konsumen yang bagus dapat memperoleh keuntungan, sehingga konsumen akan selalu melakukan laundry pada Laundry Arion. Sehingga, diperlukan sistem penilaian konsumen terhadap pelayanan dengan pengisian angket secara online sehingga Laundry arion dapat mengetahui hal-hal apa saja yang akan ditingkatkan dalam pelayanan yang ada. Maka demikian dibutuhkan sistem yang baru dalam manajemen laundry dan penilaian berupa sistem ECRM yang dapat mempermudah dalam pembuatan pembukuan yang ada dan memperoleh hasil survey tiap pelanggan. Dengan sistem ECRM Diharapkan sistem yang dihasilkan dapat membantu Laundry arion mengetahui jumlah perlengkapan yang akan disediakan dan mengetahui perlengkapan yang telah digunakan dan menghasilkan laporan laundry yang lebih efektif.

Downloads

Published

01-01-2023