Implementasi Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Informatika pada Siswa SMA

Authors

  • Arrum Laksita Devi Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Husni Thamrin Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33022/ijcs.v12i2.3192

Abstract

Media pembelajaran Quizizz menyajikan materi pembelajaran dengan slide dan warna yang menarik sehingga membuat siswa lebih aktif dan kompetitif. Namun kenyataannya media belajar seperti Quizizz masih jarang digunakan. Hal ini menyebabkan siswa kesulitan dalam menghadapi soal latihan, serta masih banyak siswa dengan nilai dibawah KKM. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah Quizizz berpengaruh terhadap hasil belajar Informatika pada siswa kelas X. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 60, 30 siswa dari kelas X.3 (kelas eksperimen) dan 30 siswa dari kelas X.2 (kelas kontrol). Pengumpulan data menggunakan  pre-test dan posttes. Hasil uji normalitas yang diperoleh adalah nilai Asymp-sig pada data kelompok kontrol 0,117 dan kelompok eksperimen 0,200 yang menunjukan nilai Asymp-sig > 0,05 (normal). Uji homogenitas melalui Lavene’s Test adalah 0,068 menunjukan bahwa nilai Sig. > 0,05. Selanjutnya berdasarkan data yang diperoleh signifikansi antara hasil belajar kelompok kontrol dan eksperimen dapat diketahui melalui tabel Independent Sample T-Test pada bagian Equal Variances Assumed menunjukan nilai 0,000 yakni nilai Sig. < 0,05 (diterima). Artinya Quizizz berpengaruh terhadap hasil belajar Informatika pada siswa kelas X.

Downloads

Published

30-04-2023