Analisis Sentimen Terhadap Topik Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) pada Media Sosial Twitter

Authors

  • Tiara Danirmala Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Yusuf Sulistyo Nugroho Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33022/ijcs.v12i3.3199

Keywords:

analisis sentimen, kenaikan BBM, twitter, Naive Bayes Classifier, topik diskusi

Abstract

Media sosial Twitter menjadi salah satu media yang banyak digunakan masyarakat Indonesia untuk membagikan informasi, pendapat, ataupun sekedar berdiskusi tentang topik yang sedang tren dan beredar luas, misalnya tentang kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen masyarakat tentang kenaikan harga BBM di media sosial Twitter . Penelitian ini dilakukan dengan cara menganalisis sentimen tweet yang diunggah di Twitter untuk mengetahui polaritasnya dengan menerapkan klasifikasi Naïve Bayes. Selain analisis sentimen, data tweet juga dicari diskusi topik yang paling banyak dibahas terkait dengan kenaikan harga BBM dengan menggunakan metodeAlokasi Dirichlet Laten (LDA ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 53.3% tweet memiliki polaritas positif, 31.2% tweet berpolaritas negatif, dan 15.5% tweet dinyatakan netral. Hasil evaluasi klasifikasi dengan Naive Bayes diperoleh nilai akurasi 60% . Sedangkan topik yang banyak dibicarakan masyarakat di Twitter secara umum menyatakan penolakannya terhadap kenaikan harga BBM. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat menolak kebijakan tersebut namun dinyatakan dengan komentar secara positif.

Downloads

Published

30-06-2023