Perspektif Penerima Pengetahuan untuk Penciptaan Pengetahuan Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya
DOI:
https://doi.org/10.33022/ijcs.v12i3.3201Keywords:
Manajemen Pengetahuan, Penciptaan Pengetahuan, Model SECI, Kebutuhan Pengguna, Sistem InformasiAbstract
Dalam proses pembelajaran, penciptaan pengetahuan terjadi ketika seorang individu dapat menerima pengetahuan dari individu lain dan dapat menciptakan pengetahuan yang baru. Namun, proses tersebut terkadang tidak berjalan dengan baik, maka dibutuhkan suatu sistem informasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dengan mengetahui perspektif penerima pengetahuan dalam proses pembelajaran untuk penciptaan pengetahuan. Teori yang mendasari konstruk penelitian ini adalah Model SECI (Sosialisasi, Eksternalisasi, Kombinasi, Internalisasi). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 2.666 dan jumlah sampel 348 yang diperoleh menggunakan metode Stratified Random Sampling. Dalam menganalisis data, menggunakan teknik Rasch Model dan software Winstep. Hasil yang diperoleh adalah proses sosialisasi dan kombinasi merupakan faktor yang mempengaruhi penerima pengetahuan karena cenderung lebih mudah dilakukan dan banyak disetujui untuk diterapkan dalam proses pembelajaran.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Trievanni Chantika, Muhammad Ihsan Jambak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.