Perspektif Penerima Pengetahuan untuk Penciptaan Pengetahuan Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya

Authors

  • Trievanni Chantika Universitas Sriwijaya
  • Muhammad Ihsan Jambak Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.33022/ijcs.v12i3.3201

Keywords:

Manajemen Pengetahuan, Penciptaan Pengetahuan, Model SECI, Kebutuhan Pengguna, Sistem Informasi

Abstract

Dalam proses pembelajaran, penciptaan pengetahuan terjadi ketika seorang individu dapat menerima pengetahuan dari individu lain dan dapat menciptakan pengetahuan yang baru. Namun, proses tersebut terkadang tidak berjalan dengan baik, maka dibutuhkan suatu sistem informasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dengan mengetahui perspektif penerima pengetahuan dalam proses pembelajaran untuk penciptaan pengetahuan. Teori yang mendasari konstruk penelitian ini adalah Model SECI (Sosialisasi, Eksternalisasi, Kombinasi, Internalisasi). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 2.666 dan jumlah sampel 348 yang diperoleh menggunakan metode Stratified Random Sampling. Dalam menganalisis data, menggunakan teknik Rasch Model dan software Winstep. Hasil yang diperoleh adalah proses sosialisasi dan kombinasi merupakan faktor yang mempengaruhi penerima pengetahuan karena cenderung lebih mudah dilakukan dan banyak disetujui untuk diterapkan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

30-06-2023