Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilik Pengetahuan dalam Proses Pembelajaran pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya
DOI:
https://doi.org/10.33022/ijcs.v12i4.3203Abstract
Dalam proses pembelajaran, penciptaan pengetahuan terjadi ketika seorang individu yang berperan sebagai pemilik pengetahuan dapat menyampaikan pengetahuan yang dimilikinya ke individu lain. Namun, proses tersebut terkadang tidak berjalan dengan baik, sehingga dibutuhkan suatu sistem informasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna sebagai pemilik pengetahuan dengan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pemilik pengetahuan dalam menyampaikan pengetahuan pada saat proses pembelajaran. Teori yang mendasari konstruk penelitian ini adalah Model SECI (Sosialisasi, Eksternalisasi, Kombinasi, Internalisasi). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 2.666 dan jumlah sampel 348 yang diperoleh menggunakan metode Stratified Random Sampling. Dalam menganalisis data, menggunakan teknik Rasch Model dan software Winstep. Hasil yang diperoleh adalah proses sosialisasi dan internalisasi merupakan faktor yang dapat mempengaruhi mahasiswa sebagai pemilik pengetahuan karena cenderung lebih mudah dilakukan dan banyak disetujui untuk diterapkan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dian Apriani Dian Apriani, Muhammad Ihsan Jambak

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.