Aplikasi Mobile Media Pembelajaran Untuk Siswa TK RA Teknologi Menggunakan Metode Fisher Yates Shuffle

Authors

  • Rikko kurnia fitra STMIK Amik Riau
  • Susi Erlinda
  • T.Sy Eiva Fadha
  • Hamdani
  • Andri Setiadi

DOI:

https://doi.org/10.33022/ijcs.v12i3.3226

Keywords:

Media pembelajaran, Edukasi, Usia dini, android, Fisher Yates Shuffle

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran untuk pendidikan anak usia dini yang berbasis android, dapat membantu peranan orang tua dalam mendidik anaknya sejak usia dini serta memberikan pengetahuan kepada anak-anak di luar sekolah dengan cara yang menyenangkan melalui aplikasi ini. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan model pengembangan aplikasi Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari concept, design, collecting content material, assembly, testing, dan distribution.Dari hasil penelitian yang telah dilakukan adalah aplikasi pengenalan huruf, angka, warna, dan bernyanyi yang berbasis android ini memilik 4 menu utama yaitu, belajar, kuis, dan bermain. Pada menu belajar terdapat pengenalan huruf abjad, angka, warna, dan hewan di menu kuis terdapat pertanyaan dengan kata yang di acak, dan menu bermain terdapat permainan. dari pengujian black box bahwa game edukasi pengenalan huruf dapat berjalan sesuai yang diharapkan, pada pengujian perangkat rata-rata tampilan dan fitur berjalan sesuai yang diharapkan, dan pada pengujian pengacakan soal menggunakan perangkat berbeda telah berjalan sesuai yang diharapkan.

Downloads

Published

30-06-2023