The Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Sistem Kelistrikan di Sekolah Menengah Kejuruan

Authors

  • Ernal Nofiandri universitas negeri padang
  • Hasan Maksum Universitas Negeri Padang
  • Wawan Purwanto Universitas Negeri Padang
  • Rizky Ema Wulansari Universitas Negeri Padang
  • Muhibbudin Universitas Syiah Kuala

DOI:

https://doi.org/10.33022/ijcs.v12i3.3247

Abstract

Pada era revolusi 4.0 dengan sangat canggihnya perkembangan teknologi harus dapat dimanfaatkan untuk sebuah kemajuan yang terutama dalam bidang pendidikan. Dari kemudahan yang diberikan oleh perkembangan TIK pendidik harus mampu melihat peluang untuk dapat memanfaatkan Perkembangan TIK untuk memudahkan siswa dalam proses pembelajaran agar dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa agar siswa lebih tertarik untuk belajar sehingga meningkatkan hasil belajar dan prestasi belajar siswa terutama pada Sekolah Menengah Kejuruan yang banyak pembelajaran produktif.  

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara diketahui bahwa pembelajaran proses pembelajaran Pemeliharaan Sistem Kelistrikan Kendaraan Ringan bagi sebagian siswa sulit memahami pembelajaran, media pembelajaran yang monoton dan kurangnyas sumber belajar yang interaktif yang membuat  rendahnya minat dan motivasi belajar menjadikan hasil belajar siswa rendah sehingga diperlukanya media pembelajaran interaktif yang menyenangkan yang membantu dalam proses pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada pembelajaran Pemeliharaan Sistem Kelistrikan yang layak dan memenuhi standar aspek validitas pada media dan materi. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan (R&D) model 4-D, meliputi tahap Define, Design, Develop dan Disseminate, namun tahap pada penelitian ini tahapan Disseminate tidak dilakukan karena hanya melihat validitas dari media pembelajaran multimedia interaktif. Hasil penelitian menunjukkan kevalidan dalam validasi media pembelajaran dengan Validator 1 sebesar 92% dan Validator 2 sebesar 95% dengan rata-rata sebesar 94% kategori sangat valid. Pada validasi materi didapatkan hasil pada Validator 1 82 % dan Validator 2 95% dengan rata-rata 88% kategori sangat valid. Berdasarkan hasil total dari penilaian validitas media dan materi sebesar 91 % yang dimana termasuk dalam kategori Valid atau sangat layak digunakan oleh siswa dalam proses pembelajaran Pemeliharaan Sistem Kelistrikan Kendaraan Ringan.

Downloads

Published

30-06-2023