Pengaruh Penerapan Aplikasi Google Classroom Terhadap Motivasi Belajar, Minat Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan

Authors

  • Ponimin Ponimin Universitas Negeri Padang
  • Riki Mukhaiyar Universitas Negeri Padang
  • Yeka Hendriyani Universitas Negeri Padang
  • Hasan Maksum Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.33022/ijcs.v12i4.3293

Keywords:

E-Learnig , Google Classroom, motivasi belajar, minat belajar.

Abstract

Kemajuan teknologi di era modern ini memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan kemampuannya dalam penggunaan media dan bahan ajar. Mengubah paradigma yang digunakan oleh instruktur dalam melaksanakan proses pembelajaran di sekolah sangat penting untuk menyelaraskan proses modernisasi dan kualitas pembelajaran. Saat ini, guru juga harus mahir dalam menggunakan dan mengoperasikan teknologi informasi sehingga mereka dapat menggunakannya untuk meningkatkan pembelajaran di kelas. Pengetahuan kewirausahaan ditemukan dalam mata pelajaran seperti kerajinan dan kewirausahaan, antusiasme yang besar untuk memahaminya. Oleh karena itu, media pembelajaran perlu didukung dengan media yang dapat digunakan dalam pembelajaran kerajinan dan kewirausahaan.

Penelitian dilakukan sebagai upaya untuk mengetahui pengaruh Google Classroom terhadap motivasi belajar, minat belajar dan hasil belajar peserta didik, kemudian Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Tualang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak dengan subjek penelitian siswa kelas XI yang berjumlah 95 peserta didik. Data dikatakan valid dan reliabel pada pengaruh Google Classroom terhadap motivasi belajar, minat belajar dan hasil belajar peserta didik. Sedangkan hasil penelitian melalui kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 33 orang diperoleh data variabel Google Classroom dengan skor sebesar 40. Sedangkan hasil perhitungan Mean yaitu 33,18, Median adalah 33, dan Modus berjumlah 29.

Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa kecenderungan penggunaan Google Classroom berbanding lurus dengan skor yang diperoleh. diketahui bahwa tanggapan responden tentang Minat belajar sebelum pembelajaran, dimana dari 33 responden yaitu 21 responden atau sebanyak 63,6% responden menyatakan sangat setuju, 12 responden atau sebanyak 36,4%.Hal ini ditunjukkan menggunakan regresi linear berganda diperoleh nilai r 0.847, Nilai Adjusted R2 sebesar 0.688, dan nilai thitung ttabel (2,357 2,045) dengan signifikansi 0.025 (pengujian dua sisi), Penggunaan Google Classroom berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan menggunakan regresi logistik ordinal diperoleh nilai R2 (Nagelkerke) sebesar 0.746, dan nilai estimate sebesar 0.892 yang dieksponensialkan menjadi 2.44 dengan signifikansi 0.016 0.05. Pada penggunaan Google Classroom maka akan semakin baik motivasi belajar dan minat pula hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan kelas XI di SMK Negeri 1 Tualang Kabupaten Siak.

Downloads

Published

30-08-2023