Analisis Sentimen Ulasan Google Maps Kuliner di Bojonegoro Menggunakan Metode Naïve Bayes
DOI:
https://doi.org/10.33022/ijcs.v12i4.3319Kata Kunci:
Analisis sentimen, NLP, kuliner, naive bayesAbstrak
Sentiment analisis merupakan proses menganalisa yang berhubungan dengan sebuah konten atau produk. Analisa terserbut berdasarkan hal hal yang di rasakan oleh seseorang secara subyektif dalam merasakannya. Pada umumnya sentiment analisis ini di tulis oleh penguna dunia maya yang digunakan untuk informasi berdasarkan ulasan atau postingan. Text mining dan Natural language Processing sebuah bidang yang mempunyai irisan yang sama dalam bidang kecerdasan buatan. Ini sangat membantu seseorang dalam mencari nilai sebuah ulasan yang ditulis oleh seseorang memiliki nilai positif atau negative bahkan bisa di nilai netral. Dalam penelitian ini meneliti ulasan usaha kuliner di bojonegoro berdasaran data yang ada di google maps. Untuk metode klasifikasi mengunakan naïve bayes yang pada dasarnya mengunakan penilaian peluang pada setiap atributnya dan di evaluasi dengan confusion matrix. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini mendapatkan nilai akurasi 90,28% recall 90,28% dan presisi 89.89%
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 ucta pradema sanjaya
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.