Pengembangan User Experience Kesehatan Mental untuk Peningkatan Bisnis Perusahaan Start Up

Authors

  • Mahardika Maulana Al Mahdi Handoko Telkom University
  • Tien Fabrianti Kusumasari Telkom University
  • Sinung Suakanto Telkom University

DOI:

https://doi.org/10.33022/ijcs.v12i4.3366

Keywords:

Kesehatan Mental, Feelsbox, Pengalaman Pengguna, Startup, System Usability Testing

Abstract

Teknologi memainkan peran penting dalam bidang kesehatan mental, terutama dalam membantu individu mengelola stres dan gangguan mental. Startup kesehatan mental merupakan jenis usaha yang memanfaatkan teknologi dan pendekatan inovatif untuk mengatasi masalah kesehatan mental dan meningkatkan akses ke penanganan kesehatan mental. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan pengembangan User Experience pada Kesehatan Mental untuk meningkatkan kepuasan pengguna sehingga dapat meningkatan bisnis Perusahaan Startup. Hasil dari pengumpulan data menunjukkan bahwa kebutuhan pengguna adalah Platform Kesehatan Mental Online yang dengan harga yang murah, durasi yang cukup, dan memiliki fleksibilitas waktu dimana pengguna dapat menggunakan platform sebagai tempat bercerita. . Hasil pengembangan diukur dengan pengujian System Usability Testing dengan 10 responden mendapatkan hasil skor 73,5 pada pengujian Usability Testing menandakan bahwa hasil pengembangan User Experience berada pada kategori Acceptable dengan Grade C.

Author Biographies

Tien Fabrianti Kusumasari, Telkom University

Sebagai:

  1. Pembimbing 1
  2. Wakil Dekan I Fakultas Rekayasa Industri Telkom University

Sinung Suakanto, Telkom University

Sebagai:

  1. Pembimbing II

Published

30-08-2023