Pengaruh Knowledge Management Factor Terhadap Keberlanjutan Penggunaan E-learning
DOI:
https://doi.org/10.33022/ijcs.v12i5.3406Abstract
E-learning adalah pemanfaatan teknologi informasi sistem pembelajaran. Fungsi e-learning menerapkan praktik manajemen pengetahuan (KM). Beberapa penelitian telah menyelidiki faktor-faktor tertentu yang mempengaruhi penerimaan pembelajaran melalui pembelajaran daring. Namun, kajian tentang faktor manajemen pengetahuan yang mempengaruhi keberlangsungan adopsi e-learning pada masa transisi pascapandemi relatif baru dan belum dilaporkan dalam literatur yang ada. Oleh karena itu, tujuan utama dari penelitian ini adalah mengembangkan Expectation Confirmation Model (ECM) dengan faktor KM (acquisition, sharing, implement and protection) untuk menguji keberlanjutan penggunaan e-learning khususnya di Universitas Sriwijaya. . Penelitian ini menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) untuk memvalidasi model yang dikembangkan. Data dikumpulkan dari 267 mahasiswa aktif Universitas Sriwijaya yang menggunakan atau sedang menggunakan e-learning dalam perkuliahan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor manajemen pengetahuan, dalam hal ini knowledge acquisition (KA), knowledge sharing (KS), knowledge application (KAP), dan knowledge protection (KP), merupakan faktor penting dalam menentukan keberlangsungan penggunaan layanan. e-learning di Universitas Sriwijaya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Cici Elna Sari, Ken Ditha Tania, Ari Wedhasmara, Apriansyah Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.