Pengembangan Game Lagu Daerah Nusantara Rhytms dengan Metode GDLC Berbasis Android

Authors

  • Giles Palendya Thessa Widyananda Universitas Amikom Yogyakarta
  • Caraka Aji Pranata Universitas Amikom Yogyakarta
  • Ibnu Hadi Purwanto Universitas Amikom Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.33022/ijcs.v12i6.3437

Keywords:

Game, Unity, Nusantara Ryhtms

Abstract

Perencanaan dan pembuatan game bertema Rhythm dibuat menggunakan game engine Unity berbasis 2D. Pengembangan pada game ini memiliki beberapa tahapan antara lain analisis, design, pengembangan, implementasi, serta tahapan pengujian. Apabila pada tahapan pengujian ini game dapat memenuhi kriteria, maka selanjutnya akan dilakukan uji kelayakan pada khalayak luas di lapangan. Melalui pengembangan game ini, ada harapan untuk developer game indie dapat berkontribusi dalam industri game nasinonal. Pengembangan game ini juga dapat menambah wawasan bagi developer game tanah air agar terus mengangkat kebudayaan nasional ke ranah industri game. Diharapkan juga setelah pengembangan game ini menambah eksistensi developer game Indonesia dan menjadi motivasi para developer lokal agar terus berkembang. Pada penelitian ini akan membahas sebuah metode yang digunakan para pengembang dalam mengembangkan game, penjabaran beberapa script yang digunakan, dan tahap-tahap awal perancangan game menggunakan game engine Unity. Jurnal ini diharapkan menjadi refrensi untuk khalayak akademisi atau mahasiswa yang tertarik dalam dunia pengembangan game.

Downloads

Published

30-12-2023