Analisis Tingkat Kepuasaan Pengguna Aplikasi Mobile Traveloka Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS)

Authors

  • Muhammad Mumtaz Univesitas Sriwijaya
  • Rudy Sanjaya

DOI:

https://doi.org/10.33022/ijcs.v12i5.3454

Abstract

Aplikasi mobile Traveloka adalah layanan yang menawarkan akomodasi dan produk perjalanan, yang disediakan oleh PT Trinusa Travelindo. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa puas pengguna dengan aplikasi mobile Traveloka. Penelitian menggunakan metodologi EUCS, yang menggabungkan kriteria seperti konten, akurasi, bentuk, kemudahan penggunan, dan ketepatan waktu sebagai komponen fundamental dari penilaian.   Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner  yang didistribusikan di antara pengguna mobile traveloka. Setelah penilaian menyeluruh dari validitas dan reliabelitas, temuan tes mengkonfirmasi validitas dan keandalan pertanyaan.   Rata-rata kepuasan Kaplan dan Norton dan kategori digunakan untuk menghitung data output kuesioner. Survei melibatkan 300 peserta yang skor lima faktor, termasuk Akurasi, Konten, bentuk, ketepatan waktu, dan Kemudahan Penggunaan dinilai dalam angka 3,78 yang masuk dalam  kategori puas. Oleh karena itu, pengembang disarankan untuk terus mempertahankan dan meningkatkan kualitas aplikasi mobile Traveloka

Downloads

Published

30-10-2023