Analisis Pengguna Aplikasi Mobile Banking Sumsel Babel Menggunakan Metode System Usability Scale

Authors

  • Aziz Saputra Universitas Sriwijaya
  • M Rudi Sanjaya Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.33022/ijcs.v12i5.3455

Keywords:

System Usability Scale, Aplikasi Mobile Banking, Kepuasan Pengguna, Sumsel Babel

Abstract

Mobile banking telah menjadi bagian penting dari layanan perbankan modern, dan tingkat kepuasan pengguna terhadap aplikasi tersebut menjadi kunci dalam meningkatkan pelayanan perbankan digital dengan metode System Usability Scale (SUS) melalui partisipasi 373 responden. Tujuan utamanya adalah mengidentifikasi masalah penggunaan dan memahami persepsi pengguna terhadap aplikasi ini. Hasil penelitian menunjukkan skor SUS sebesar 31,46, yang mengindikasikan kategori "Not Acceptable," dengan penilaian "Poor" pada skala Adjective Rating. Hasil ini menunjukkan bahwa aplikasi Mobile Banking Sumsel Babel memiliki tingkat usability yang rendah dan perlu perbaikan signifikan untuk meningkatkan kepuasan pengguna. Temuan ini dapat membantu penyedia layanan dalam mengidentifikasi area yang memerlukan perhatian khusus guna meningkatkan kualitas aplikasi mereka. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman usability aplikasi perbankan mobile dan menjadi pedoman bagi penyedia layanan finansial untuk memperbaiki pengalaman pengguna dalam aplikasi Mobile Banking Sumsel Babel

Downloads

Published

30-10-2023