Efektivitas Variabel Demografi Pengguna Twitter dalam Prediksi Pilpres Indonesia 2014 dan 2019
DOI:
https://doi.org/10.33022/ijcs.v12i6.3477Abstract
Twitter menjadi platform media sosial yang digunakan untuk menyuarakan dukungan terhadap calon pada Pemilihan Presiden (Pilpres) Indonesia 2014 dan 2019. Meskipun banyak analisis telah dilakukan pada Twitter, penelitian mengenai demografi pengguna masih jarang dilakukan. Masalah yang dihadapi dalam analisis demografi adalah keterbatasan informasi di Twitter. Selain analisis sentimen, penelitian ini menggunakan informasi demografi yaitu lokasi dan jenis kelamin yang diprediksi melalui nama pengguna Twitter. Menggunakan model BERT untuk analisis sentimen dan Random Forest untuk prediksi, data Pilpres 2014 diolah untuk memprediksi Pilpres 2019, yang kemudian dibandingkan dengan data resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dengan menggunakan variabel demografi, model memprediksi lebih baik 13.34% dibandingkan dengan model tanpa variabel demografi, dari 63.33% menjadi 76.67%. Berdasarkan hasil analisis variabel indikator, jumlah penduduk menjadi variabel demografi dengan nilai importance tertinggi. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan untuk meningkatkan hasil prediksi permasalahan lain yang serupa dan belum menggunakan informasi demografi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Misbah Effendy, Taufik Edy Sutanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.