Media Pembelajaran Bidang Otomotif Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android

Authors

  • Alvian Andhi Gunawan Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Moh. Ali Romli

DOI:

https://doi.org/10.33022/ijcs.v12i6.3484

Keywords:

Media Pembelajaran, Augmented Reality, Marker based tracking, Android, Unity 3D

Abstract

Media pembelajaran merupakan sistem yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Sistem pembelajaran yang diterapkan pada SMK khususnya untuk jurusan mesin, yang masih menggunakan metode lama dan menyebabkan kesulitan dalam hal pemahaman materi teori maupun praktik. Saat ini metode pembelajaran yang masih diterapkan yaitu dengan menggunakan  Ms.Powerpoint dan modul. Berdasarkan hal tersebut peneliti merancang aplikasi Media Pembelajaran Bidang Otomotif menggunakan Augmented Reality berbasis Android. Augmented Reality merupakan teknologi yang mampu memvisualisasikan dunia maya dengan dunia nyata secara real-time. Pada implementasi teknologi Augmented Reality terhadap aplikasi tersebut dilengkapi menggunakan metode Markerbased Tracking yaitu metode yang berbentuk penanda atau marker yang didalamnya tersimpan objek 3D untuk dimunculkan dalam dunia nyata melalui aplikasi. Tools yang digunakan dalam membangun aplikasi tersebut menggunakan Unity 3D dan Bahasa pemograman yang digunakan yaitu C#. Hasil penelitian ini yaitu sebuah aplikasi Augmented Reality sebagai media yang dapat membantu dalam kegiatan pembelajaran pada komponen utama mesin mobil terhadap siswa SMK.

Downloads

Published

30-12-2023