Analisis Kepuasan Mahasiswa Fasilkom Terhadap Kualitas Website Digital Library Menggunakan Webqual 4.0

Penulis

  • Nabila Khoirunnisa Universitas Sriwijaya
  • M. Rudi Sanjaya Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.33022/ijcs.v12i6.3494

Kata Kunci:

Kepuasan Pengguna, Web Quality, WebQual 4.0, Digital library

Abstrak

UPT Perpustakaan Universitas Sriwijaya menyediakan layanan Digital Library yang dapat dijangkau user melalui laman web http://digilib.unsri.ac.id. Layanan tersebut mencakup akses ke repositori daring, akses ke pustaka daring, dan layanan pengecekan plagiat dengan iThenticate. Riset ini bertujuan mempertimbangkan sejauh mana kepuasan mahasiswa Fasilkom terhadap laman website tersebut. Metodologi WebQual 4.0 digunakan untuk mencari tahu faktor Kegunaan, Kualitas Informasi, dan Kualitas Interaksi Layanan. Penelitian dilakukan terhadap 106 mahasiswa Fasilkom Unversitas Sriwijaya. Berdasarkan uji koefisien determinasi (R2), sebesar 72,5% komponen Kepuasan user (Y) dapat diterangkan oleh komponen-komponen yang ada di penelitian ini, sementara 27,5% sisanya merupakan variasi komponen yang disebabkan oleh faktor-faktor lain. Berdasarkan uji hipotesis F, komponen terikat (Y) dipengaruhi secara signifikan oleh masing-masing komponen bebas (X) secara bersamaan. Berdasarkan hasil uji T, ditemukan seluruh komponen X mempunyai pengaruh signifikan terhadap komponen kepuasan user. Dapat disimpulkan mahasiswa Fasilkom merasa puas terhadap website tersebut.

Diterbitkan

2023-12-30