Strategi Pemasaran Online terhadap Kepuasan Konsumen Penggemar Fresh Milk

Authors

  • Rini Widyastuti Universitas Bung Hatta
  • Ganefri Universitas Negeri Padang
  • Asmar Yulastri Universitas Negeri Padang
  • Karmila Suryani
  • Ade Fitri Rahmadani Universitas Bung Hatta

DOI:

https://doi.org/10.33022/ijcs.v12i6.3497

Keywords:

Produk, harga, pelayanan pelanggan, pemasaran online, kepuasan pelanggan

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran online, meliputi produk, harga, pelayanan konsumen dan keamanan terhadap kepuasan konsumen. Pengumpulan data dilakukan menyebarkan kuesioner dan wawancara terhadap konsumen yang membeli produk secara online sebagai sampel penelitian. Pengambilan sampel dengan metode purposive sampling yang telah membeli minuman secara online minimal 3 kali yaitu 20 orang pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan kepuasan konsumen ditentukan dari strategi pemasaran online. Kesesuaian produk terkait dengan 95% kepuasan konsumen menyatakan sangat setuju dari produk yang sesuai dengan gambar, informasi produk, dan desain kemasan produk yang menarik serta unik. Respon harga mendapatkan tanggapan 90%, bahwa harga produk yang dijual sesuai dengan kualitasnya. Pelayanan konsumen hampir 95% responden menyatakan pelaku usaha cepat merespon chat dalam bertransaksi, keamanan terjaminnya produk yang diterima sesuai dengan desain dan kemasan yang masih bagus mendapatkan tanggapan sekitar 95%. Inilah yang menjadi motivasi pelaku usaha dalam memasarkan produknya secara online untuk mendapatkan kepuasan konsumen.

Downloads

Published

30-12-2023