Evaluasi Usability Dan User Experience Pada Aplikasi Transportasi Online Lokal Berdasarkan Karakteristik Generasi Z Menggunakan Metode User Experience Questionnaire Dan Cognitive Walkthrough

Authors

  • Salsabila Aqiyla Silmy Universitas Sriwijaya
  • Dedy Kurniawan

DOI:

https://doi.org/10.33022/ijcs.v12i6.3537

Keywords:

Generasi z, kuesioner pengalaman pengguna, evaluasi, penelusuran kognitif, kegunaan.

Abstract

Ojin adalah aplikasi trasportasi online di Indralaya yang dibuat oleh putra putri Ogan Ilir. Potensi ketidakpuasan pengguna tidak dapat diabaikan hanya berdasarkan jumlah pengguna aplikasi. Oleh karena itu, sangat penting untuk menilai aplikasi ojin melalui metode seperti kuesioner pengalaman pengguna dan kognitif walkthrough. Penelitian ini bertujuan untuk memancarkan pengalaman pengguna dan mengukur tingkat kegunaan aplikasi Ojin berdasarkan karakteristik generasi Z menggunakan metode User Experience Questionnaire dan Cognitive Walkthrough. Hasil penelitian ini menemukan 31 masalah kegunaan. Masalah usability terbanyak ditemukan oleh responden 2 sejumlah 27 masalah. Enam skala penilaian UEQ mendapatkan hasil buruk pada lima kategori yaitu daya tarik (0,532), efisiensi (0,498), presisi (0,574), stimulasi (0,372), dan kebaruan (-0,109). Satu kategori pada tingkat kurang baik yaitu kejelasan (0,739). Perlu dilakukan perbaikan dan peningkatan kualitas aplikasi ojin mengacu pada saran rekomendasi perbaikan.

Downloads

Published

03-01-2024