Penerapan Logika Fuzzy Untuk Analisis Tingkat Kepuasan Layanan Pelabuhan Domestik Sekupang Kota Batam

Authors

  • Joni Eka Candra INSTITUT TEKNOLOGI BATAM
  • Refli Noviardi Institut Teknologi Batam
  • Stefanus Eko Prasetyo Universitas International Batam
  • Rifa’atul M. Burhan Institut Teknologi Batam
  • Rushadi Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.33022/ijcs.v12i6.3558

Keywords:

Tingkat Pelayanan Pelabuhan, Pelabuhan domestik sekupang, Tingkat kepuasan penumpang, logika fuzzy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui seberapa besar pengaruh tingkat layanan yang diberikan terhadap respon kepuasan bagi para penumpang kapal di pelabuhan domestik Sekupang kota Batam. Dalam kelancaran penelitian ini digunakan metode studi kepustakaan, observasi, dan penyebaran kuesioner dengan menggunakan skala likert, serta metode fuzzy. Berdasarkan analisis dan pembahasan yang dilakukan terhadap 50 orang responden, dengan metode skala likert responden menyatakan cukup puas. Ini berarti pelabuhan sekupang Kota Batam, cukup berhasil memberikan layanan yang terbaik atau cukup memuaskan kepada para penumpang, baik dari Dimensi Kehandalan, Dimensi Daya Tanggap, Dimensi Kepastian, Dimensi Empati dan Dimensi Berwujud secara keseluruhan konsumen merasa cukup puas, dengan rata-rata presentase sebesar 71 % (35,5 dari 50 responden).  Tidak jauh berbeda dengan hasil uji coba Fuzzy Logic metode Mamdani dilihat dari hasil nilai output untuk kepuasan konsumen sebesar 150 (dengan range 50-250) yang artinya tingkat kepuasan konsumen cukup puas akan pelayanan yang diberikan oleh Pelabuhan Sekupang Kota Batam.

Downloads

Published

02-01-2024