Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Sistem Informasi Akademik (Siakad) Berbasis Website Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS)

Authors

  • Annisa Salsabila Ariska Universitas Sriwijaya
  • M Rudi Sanjaya Sistem Informasi, Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.33022/ijcs.v12i6.3583

Keywords:

Sistem Informasi Akademik, EUCS, Kepuasan Pengguna, Website

Abstract

Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) adalah suatu sistem yang diciptakan untuk menyederhanakan pengelolaan administrasi akademik di lembaga pendidikan, termasuk Politeknik Penerbangan Palembang. Kepuasan pengguna sangat dibutuhkan bagi pengembang suatu sistem karena dapat menjadi sebuah data penilaian yang penting bagi mereka dalam upaya meningkatkan layanan yang ditawarkan oleh sistem di masa mendatang. Penelitian ini bertujuan mengukur kepuasan pengguna melalui metode End-User Computing Satisfaction (EUCS) pada website SIAKAD Politeknik Penerbangan Palembang. Variabel yang dievaluasi mencakup isi, akurasi, bentuk, kemudahan penggunaan, dan ketepatan waktu. Hasil uji validitas dan reliabilitas kuesioner menunjukkan bahwa pengujian pertanyaan telah memberikan hasil yang valid dan reliable. Penelitian ini melibatkan 158 responden yang merupakan pengguna Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Politeknik Penerbangan Palembang. Berdasarkan teori perhitungan rata-rata kepuasan pengguna Kaplan Norton, rata-rata kepuasan pengguna terhadap isi, akurasi, bentuk, kemudahan penggunaan, dan ketepatan waktu adalah 4,63 yang dimana masuk kategori puas dan menjadi saran untuk terus meningkatkan serta mengembangkan kualitas website Sistem Informasi Akademik (SIAKAD), sehingga kepuasan pengguna dapat ditingkatkan secara menyeluruh.

Academic Information System (SIAKAD) is a system created to simplify the management of academic administration in educational institutions, including Palembang Aviation Polytechnic. User satisfaction is needed for the developers of a system because it can be an important assessment data for them in an effort to improve the services offered by the system in the future. This research aims to measure user satisfaction through the End-User Computing Satisfaction (EUCS) method on the Palembang Aviation Polytechnic SIAKAD website. The variables evaluated include content, accuracy, form, ease of use, and timeliness. The results of the validity and reliability tests of the questionnaire showed that the test questions had provided valid and reliable results. This study involved 158 respondents who were users of the Academic Information System (SIAKAD) of Palembang Aviation Polytechnic. Based on Kaplan Norton's average user satisfaction calculation theory, the average user satisfaction with content, accuracy, form, ease of use, and timeliness is 4.63 which is in the satisfied category and is a suggestion to continue to improve and develop the quality of the Academic Information System (SIAKAD) website, so that user satisfaction can be improved overall.

Downloads

Published

06-01-2024