Pengaruh Minat Berwirausaha dan Kurikulum Pembelajaran Wirausaha terhadap Kompetensi Wirausaha Digital Mahasiswa Vokasi Tata Busana
DOI:
https://doi.org/10.33022/ijcs.v12i6.3584Abstract
Berkembangnya cara manusia mendapatkan informasi menyebabkan pola berbisnis manusia juga mengalami perubahan. Tujuan artikel ini adalah untuk memberikan bukti empiris tentang tingkat kompetensi kewirausahaan digital yang diperoleh mahasiswa program studi vokasi tata busana setelah mengikuti perkuliahan kewirausahaan. Penetapan sampel dengan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 171 orang. Analisis data menggunakan correlation product moment parsial untuk mencari hubungan antar variabel. Sedangkan untuk membuktikan pengaruh digunakan Uji F dengan tujuan untuk mencari angka regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan kompetensi wirausaha digital pada kategori rendah (58%). Minat berwirausaha kategori sangat tinggi (96%). Kurikulum pembelajaran kewirausahaan kategori sangat rendah (53%). Hasil uji signifikansi hubungan menunjukkan terdapat hubungan minat berwirausaha dengan kompetensi wirausaha digital mahasiswa, serta terdapat hubungan kurikulum pembelajaran kewirausahaan dengan kompetensi wirausaha digital mahasiswa. Hasil uji signifikansi pengaruh menunjukkan terdapat pengaruh minat berwirausaha dan kurikulum pembelajaran kewirausahaan terhadap kompetensi wirausaha digital mahasiswa Program Studi Vokasi Tata Busana Universitas Negeri Padang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sri Zulfia Novrita, Asmar Yulastri, Ganefri, Giatman, Hansi Effendi, Mukhlidi Muskhir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.