Penggunaan Teknologi Natural Language Processing dalam Sistem Chatbot untuk Peningkatan Layanan Informasi Administrasi Publik

Authors

  • Mukhamad Abid Nadzif Universitas Stikubank
  • Saefurrohman universitas stikubank (UNISBANK) Semarang
  • R. Soelistijadi Universitas Stikubank

DOI:

https://doi.org/10.33022/ijcs.v13i1.3645

Keywords:

Artificial Intelligence (AI), Pelayanan Administrasi, Natural Language Processing (NLP), Chatbot, DialogFlow

Abstract

Penelitian membahas pengembangan chatbot dengan platform DialogFlow yang terintegrasi pada aplikasi Telegram untuk menyediakan informasi layanan administrasi di Pemerintahan Desa Tosari. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas layanan publik khususnya informasi layanan administrasi melalui sistem terpadu di tingkat desa guna mempercepat aliran informasi yang diperlukan, berupa pengembangan sistem kecerdasan buatan berupa Chatbot. Chatbot adalah program yang mampu berkomunikasi dengan manusia melalui pesan teks atau suara. Dengan menggunakan pemrosesan Natural Language Processing (NLP) yang merupakan bagian dari kecerdasan buatan, memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan komputer menggunakan bahasa sehari-hari, seolah-olah sedang berbicara dengan manusia. Pengujian Usability dengan System Usability Scale (SUS) dan pengujian pengalaman pengguna pada chatbot dengan User Experience Questionnaire (UEQ) menunjukkan hasil yang positif, pengujian SUS memperoleh nilai akhir sebesar 86 dan UEQ memperoleh rata – rata nilai skala diatas 0,8, yaitu berada pada level Excellent. Hal ini menunjukkan bahwa implementasi chatbot efektif dalam memberikan informasi layanan administrasi di Pemerintahan Desa Tosari

Downloads

Published

27-02-2024