Implementasi E-Learning Berbasis Moodle Pada Mata Pelajaran Informatika

Authors

  • Rivaldo Akmalul Ahsan Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33022/ijcs.v13i1.3728

Keywords:

E-Learning, Informatika, Moodle, SMK Negeri 1 Warungasem

Abstract

Kemajuan teknologi yang semakin pesat mengakibatkan perkembangan di segala bidang, khususnya di bidang pembelajaran dan pendidikan. Teknik belajar mengajar konvensional kurang efektif untuk meningkatkan antusiasme siswa dalam belajar. Oleh karena itu, penerapan e-learning di sekolah dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Fungsionalitas Moodle sering digunakan dalam pengembangan perangkat lunak e-learning. Tahapan penelitian ini menggunakan teknik pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima langkah: analisis, pembuatan desain, pengembangan, implementasi, dan penilaian. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner yang mencakup lima dimensi pengembangan e-learning berbasis model di bidang pendidikan informatika. Subjek penelitian adalah siswa kelas 7 dari SMK N 1 Warungasem, yang terbagi dalam satu kelas yang terdiri dari 30 orang. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan e-learning berbasis Moodle dalam pendidikan informatika dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Downloads

Published

27-02-2024