Pengembangan Pembelajaran Blended Learning Berbasis LMS E-study Sekolah Menengah Kejuruan Kota Padang

Authors

  • Renny Permata Saputri Universitas Putera Indonesia - YPTK
  • Aminda Dewi Sutiasih Universitas Putera Indonesia - YPTK

DOI:

https://doi.org/10.33022/ijcs.v10i2.3006

Keywords:

Blended learning, e-Study, Validitas

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan Kota Padang, Pembelajaran bersifat daring dan luring, dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 yang mengacu kepada Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang pencegahan Covid-19 pada satuan pendidikan sehingga diperlukan media pembelajaran yang bersifat interaktif dan menarik bagi siswa. Metode penelitian termasuk ke dalam skim penelitian dan pengembangan (research and development). Tujuan penelitian untuk melihat validitas pembelajaran Blended Learning berbasis LMS E-study Sekolah Menengah Kejuruan Kota Padang. Hasil uji validitas oleh lima orang validator terdiri dari pakar blended learning, pakar sistem informasi dan konten disimpulkan pembelajaran Blended Learning berbasis LMS E-study dinyatakan valid digunakan dalam pembelajaran. Persentase rata-rata hasil uji validitas adalah 90,4% dan termasuk kategori sangat valid. Jadi pembelajaran Blended Learning berbasis LMS E-study layak digunakan di Sekolah Menengah Kejuruan Kota Padang.

Downloads

Published

30-10-2021