Aplikasi Pembelajaran Interaktif pada Mata Kuliah Maintenance pada Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Pagar Alam

  • Buhori Muslim Sekolah Tinggi Teknologi Pagar Alam
  • Ferry Putrawansyah Sekolah Tinggi Teknologi Pagar ALam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi pembelajaran multimedia interaktif pengenalan perangkat keras dan perakitan Personal Computer (PC) pada Maintenance Course di Sekolah Tinggi Teknologi Pagar Alam dan untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini didasarkan pada proses belajar yang kurang menarik, proses interaksi yang tidak berjalan optimal, dan visualisasi yang masih menggunakan media konvensional. Metode pengembangan yang digunakan adalah ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah expert review untuk menguji validitas produk, pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil validitas produk skor yang diperoleh adalah 4.3 dengan kategori sangat valid sehingga nilai rata-rata hasil pretest adalah 66,77 dengan kategori cukup. Kemudian, setelah proses pembelajaran diimplementasikan, diperoleh rata-rata hasil yaitu 90,56 dengan kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar sebesar 24,31. Selain itu, diperoleh N-Gain sebesar 0,732 yang mengindikasikan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan aplikasi multimedia dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Published
2017-10-09
How to Cite
MUSLIM, Buhori; PUTRAWANSYAH, Ferry. Aplikasi Pembelajaran Interaktif pada Mata Kuliah Maintenance pada Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Pagar Alam. Indonesian Journal of Computer Science, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 125-135, oct. 2017. ISSN 2549-7286. Available at: <http://ijcs.stmikindonesia.ac.id/index.php/ijcs/article/view/37>. Date accessed: 25 may 2018.