Pengembangan Pembelajaran Blended Learning Berbasis LMS E-study Sekolah Menengah Kejuruan Kota Padang

Authors

  • Renny Permata Saputri Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Aminda Dewi Setiasih

Keywords:

Blended learning, E-study, Validitas

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan Kota Padang, Pembelajaran bersifat daring dan luring, dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 dan diperlukan pembelajaran yang menghemat waktu sehingga siswa dapat memanfaatkan sisa waktu pembelajaran untuk kegiatan belajar mandiri yang aktif dan kreatif. Metode penelitian termasuk ke dalam skim penelitian dan pengembangan (research and development). Tujuan penelitian untuk melihat validitas pembelajaran Blended Learning berbasis LMS E-study Sekolah Menengah Kejuruan Kota Padang. Hasil uji validitas oleh lima orang validator terdiri dari pakar blended learning, pakar sistem informasi dan konten disimpulkan pembelajaran Blended Learning berbasis LMS E-study dinyatakan valid digunakan dalam pembelajaran. Persentase rata-rata hasil uji validitas adalah 90,4% dan termasuk kategori sangat valid. Jadi pembelajaran Blended Learning berbasis LMS E-study layak digunakan di Sekolah Menengah Kejuruan Kota Padang.

References

Syafrizal, dkk, “Pedoman Umum menghadapi Pandemi COVID-19 Bagi Pemerintah Daerah, Pencegahan, Pengendalian, Diagnosis dan Manajemen,” 2020. (Online) Tersedia : https://www.kemendagri.go.id/documents/COVID-19/BUKU_PEDOMAN_COVID19_KEMENDAGRI.pdf (Diakses : 10 Juli 2021)

Siahaan, M, “Dampak pandemi Covid-19 terhadap dunia pendidikan,” Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan, vol. 20, no. 2, pp. 1-3. 2020.

Saputri, R. P., & Fransisca, M, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Simulasi Digital,” Indonesian Journal of Computer Science, vol. 9, no. 2, pp. 144-155. 2020.

Yuliati, Y., & Saputra, D. S, “Membangun kemandirian belajar mahasiswa melalui Blended Learning di masa pandemi covid-19,” Jurnal Elementaria Edukasia, vol. 3, no. 1, 2020.

Fransisca, M., & Yunus, Y, “Efektivitas E-Learning Tingkat Sekolah Menengah Atas Kota Padang,” Indonesian Journal of Computer Science, vol. 8, no. 2, pp. 113-120. 2019.

Hidayat, H., Hartono, H., & Sukiman, S, “Pengembangan Learning Management System (LMS) untuk Bahasa Pemrograman PHP,” Jurnal Ilmiah Core IT: Community Research Information Technology, vol. 5, no. 1, pp. 20-29. 2017.

Yana, D., & Adam, A, “Efektivitas Penggunaan Platform Lms Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa,” Jurnal dimensi, vol. 8, no. 1, pp. 1-12. 2019.

Wijayanti, W., Maharta, N., & Suana, W, ”Pengembangan perangkat blended learning berbasis learning management system pada materi listrik dinamis,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, vol. 6, no.1, pp. 1-12. 2017.

Purwasih, R., & Apsari, Y, “PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU-GURU MA CAHAYA HARAPAN MELALUI PELATIHAN PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS LMS MOODLE DI ERA POST COVID-19,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, vol. 4, no. 1, pp.1-8. 2021.

Nurhayati, V., Suyanto, E., & Suana, W, “Desain perangkat blended learning berbantuan learning management system pada materi fluida dinamis,” Jurnal Pendidikan Fisika, vol. 6, no. 1, pp. 21-33. 2018.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D), Bandung: Alfabeta. 2017.

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta: Kencana. 2016.

Downloads

Published

2021-10-15

How to Cite

Permata Saputri, R., & Setiasih, A. D. (2021). Pengembangan Pembelajaran Blended Learning Berbasis LMS E-study Sekolah Menengah Kejuruan Kota Padang. Indonesian Journal of Computer Science, 10(2), 366-378. Retrieved from http://ijcs.stmikindonesia.ac.id/index.php/ijcs/article/view/409

Issue

Section

Artikel Bahasa Indonesia