Rancang dan Bangun Aplikasi Chatbot Menggunakan Pendekatan Natural Language Processing (NLP) Pada Pusat Pelatihan Inatechno

Authors

  • Rahmad Saputra Rahmad Universitas Gunadarma
  • Febriani

Keywords:

Chatbot, Dialogflow, Metode Waterfall, Perancangan Sistem,

Abstract

Saat ini pelayanan di Inatechno adalah dengan datang langsung ke lokasi dan melalui telepon atau media sosial. Jika pelayanan langsung ke kantor Inatechno akan terjadi kendala saat petugas admin tidak ditempat, hal ini menjadi kurang efektif, sedangkan pelayanan melalui media sosial terkadang juga kurang efektif, dari jawaban yang diberikan admin tidak cepat merespon. Dengan adanya permasalahan tersebut maka dirasa perlu untuk merancang dan membangun sebuah aplikasi chatbot dengan menggunakan metode natural language processing (NLP) agar informasi yang dibutuhkan dapat diakses kapanpun dan dimanapun dengan mudah dan cepat. Metode penelitian menggunakan analisis data pertanyaan yang sering muncul tentang kebutuhan informasi pelatihan di Inatechno dan melakukan penelusuran kepustakaan untuk mempelajari, mengkaji dan memahami referensi yang erat kaitannya dengan tema penulisan. Hasil dari penelitian ini adalah rancang bangun aplikasi chatbot berbentuk UML, dan rancang bangun tampilan aplikasi, dengan harapan aplikasi chatbot dapat mempermudah pelanggan dan peserta pelatihan untuk mendapatkan informasi pelatihan yang dibutuhkan.

References

Alfareza Muhammad. 2020. “Pembangunan Chatbot Menggunakan Natural Language Processing di Jurusan Teknik Industri Universitas Islam Indonesia”. Prodi Teknik Industri UII. Yogyakarta.

Andriyani dan Mahdiyah. (2013). Analisa Algoritma Pemahaman Kalimat pada ALICE Chatbot dengan menggunakan Artificial Inteligence Markup Languange (AIML). Kumpulan Makalah Seminar Semirata 2013 Fakultas MIPA Universitas Lampung, 20 - 25.

Anwarullah dan Agustia. (2019). “Pembangunan Aplikasi Chatbot Eisntein sebagai Guru Virtual Pembelajaran Fisika di Rumah Menggunakan API Google Dialogflow Berbasis Android.” Thesis. Universitas Komputer Indonesia.

BINUS (2019). “Mengenal Metode Pembuatan Sistem Informasi Waterfall.” [Online]. Available at: https://binus.ac.id/, [Accessed 8 Juli 2021].

Candra, Kurniawan dan Musa. (2020). Perancangan Chatbot Menggunakan Dialogflow Natural Languange Processing (Studi Kasus : Sistem Pemesanan Coffee Shop). Jurnal Media Informatika Budidarma, 208 – 215.

CLOUD GOOGLE (2021). “Dialogflow Console Overview and All Concepts.” [Online]. Available at: https://cloud.google.com/, [Accessed 27 Juli 2021].

Cucus, Endra dan Naralita. (2019). Chatter Bot Untuk Konsultasi Akademik di Perguruan Tinggi. Jurnal Sistem Informasi dan Telematika Fakultas Ilmu Komputer Universitas bandar Lampung, 20 - 25.

Genialdi. (2021). “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan pada Usaha Katering Dapur Eytha”. Thesis. Universitas Gunadarma.

Guntoro et al. (2020). “Aplikasi Chatbot untuk Layanan Informasi dan Akademik Kampus Berbasis Artificial Inteligence Markup Language (AIML)”. Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi. 291 – 300.

GITS (2021). “Komponen dan Alur Kerja Dialogflow”. [Online]. Available at: https://gits.co.id/, [Accessed 27 Juli 2021].

Hakim dan Nurhayati. (2019). “Development of Chatbot Application “Midwify” Based on Android as a Supporting Media to Learn Medical Science in Stikes Bhakti Kencana Banduung”. Komputika:Jurnal Sistem Komputer. 45-52.

Harahap dan Fitria. (2020). “Aplikasi Chatbot Berbasis Web Menggunakan Metode Dialogflow”. Jurnal Informatika dan Teknologi Komputer. 6 -13.

Jurafsky D. dan Martin, J.H. (2008). Speech and Language Processing: An Introduction to Natural Language Processing, Computational Linguistics, and Speech Recognition. 2ndEdition. New Jersey: Pearson, Prentice Hall.

Maitri dan Sutopo. (2019). Rancang Bangun Chatbot sebagai Pusat Informasi Lembaga Kursus dan Pelatihan Menggunakan Pendekatan Natural Language Processing. Thesis. University of Technology Yogyakarta.

Mohapatra et al. (2019). “Nsmav-Bot: Intelligent Dual Language Tutor System,” in Proceedings - 2018 4th International Conference on Computing, Communication Control and Automation, ICCUBEA 2018, 2019.

Mulyatun et al. (2021). “Pendekatan Natural Language Processing pada Aplikasi Chatbot sebagai Alat Bantu Customer Service”. JOISM: Jurnal of Information System Management. Vol 3, No. 1.

Nila dan Afrianto. (2015). Rancang Bangun Aplikasi Chatbot Informasi Objek Wisata Kota Bandung dengan Pendekatan Natural Languange Processing (NLP). Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA), 49 – 53.

Rahman, A. M., Al Mamun, A., & Islam, A. (2018). Programming challenges of chatbot: Current and future prospective. 5th IEEE Region 10 Humanitarian Technology Conference 2017, R10-HTC 2017, 2018–January, 75–78.

Rosyadi et al. (2020). ‘Rancang Bangun Chatbot Informasi Lowongan Pekerjaan Berbasis Whatsapp dengan Metode NLP (Natural Language Processing). BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual. 619 – 626.

Sihombing dan Wirapraja. (2018). “Tren Penerapan Artificial Inteligence pada Bidang Akuntansi, Energi Terbarukan dan Proses Industri Manufaktur (Studi Literatur). Jurnal Eksekutif . 302 - 315

Textmetrics (2020). “What is The Natural Language Processing ?”. [Online]. Available at: https://www.textmetrics.com/, [Accessed 25 Juni 2021]

Yuniar dan Purnomo. (2019). “Implementasi Chatbot “ALITTA” Asisten Virtual dari BALITTAS sebagai Pusat Informasi di BALITTAS”. ANTIVIRUS : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika. 24 – 35.

Published

2021-10-15

How to Cite

Rahmad, R. S., & Febriani. (2021). Rancang dan Bangun Aplikasi Chatbot Menggunakan Pendekatan Natural Language Processing (NLP) Pada Pusat Pelatihan Inatechno. Indonesian Journal of Computer Science, 10(2). Retrieved from http://ijcs.stmikindonesia.ac.id/index.php/ijcs/article/view/421

Issue

Section

Artikel Bahasa Indonesia