Pembangunan Aplikasi E-Commerce Pemasaran Kerajinan Rotan Kota Padang

  • Febri Hadi UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA "YPTK" PADANG
  • Yusvi Diana
  • Hadi Syahputra
Keywords: E-Commerce, Perluasan Pasar, Waterfall Approach

Abstract

Banyaknya hasil kerajinan rotan yang dibuat masyarakat tidak bisa berkembang dengan baik karena jumlah pembelinya terbatas. Mobilitas dan liberalisasi pasar yang terbatas membuat pihak manajemen harus melakukan inovasi perluasan pasar sasaran melalui perancangan dan pemanfaatan E-Commerce. Tujuan perancangan website E-commerce ini adalah untuk memahami sistem penjualan dan strategi penjualan secara online untuk meningkatkan keuntungan dan kemudahan dalam bertransaksi serta memperluas area pangsa pasar dan upaya untuk meningkatkan volume penjualan dengan cara membangun hubungan komunikasi yang bersifat interaktif dengan konsumen (pelanggan). Metode perancangan sistem E-Commerce menggunakan pendekatan Waterfall dengan pendekatan berorientasi objek. Sistem E-Commerce memiliki fitur navigasi yang memberikan kemudahan bagi pengunjung, dalam hal ini baik konsumen ataupun pelanggan saat mengunjungi halaman situs.

References

Aberg, J., and Shahmehri, N. 2000. The Role of Human Web Assistants in E-Commerce: An Analysis and A Usability Study. Internet Research Electronic Networking Applications and Policy
Afsar, A., Nasiri, Z., & Zadeh, M. O. (2013). E-loyalty Model in E-Commerce. Mediterranean Journal of Social Sciences.
Hidayat, Taufik. 2008. Panduan Membuat Toko Online dengan OSCommerce, Jakarta : Mediakita
Kwahk, K. Y., & Ge, X. (2012). The Effects of Social Media on E-Commerce: A Perspective of Social Impact Theory. 45th Hawaii International Conference on System Sciences. ISBN: 978-0-7695-4525-7/12 © 2012 IEEE DOI 10.1109/ HICSS.2012.564. Hlm. 1814-1823
Peranginangin, Kasiman, 2006, Aplikasi WEB dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta:Andi.
Priyanto Hidayatullah dan Jauhari Khairul Kawistara, 2014, Pemograman Web,
Bandung : Informatika Bandung
Rosa A.S,Rekayasa. 2013. Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorietasi Objek, Bandung : Informatika
Schneider, G. (2012). Electronic Commerce. Tenth Edition. Cengage Learning.
Sidik, Betha. 2001. Pemrograman web dengan PHP.Bandung: Penerbit INFORMATIKA
Syahrizal,Muhammad. 2007.Mahirdan professional PHP dan MySQL. Medan: Penerbit GRATECH MEDIA PERKASA.
Published
2018-10-31
How to Cite
Hadi, F., Diana, Y., & Syahputra, H. (2018). Pembangunan Aplikasi E-Commerce Pemasaran Kerajinan Rotan Kota Padang. Indonesian Journal of Computer Science, 7(2), 112-118. Retrieved from http://ijcs.stmikindonesia.ac.id/index.php/ijcs/article/view/78