Analisa Tingkat Prestasi Atlet Karate Sumatera Barat Menggunakan Algoritma Data Mining

  • Ronaldo Syahputra Universitas Putra Indonsia YPTK Padang
Keywords: Data mining, C4.5, Atlet, Olahraga

Abstract

Sistem keolahragaan nasional adalah keseluruhan aspek keolahragaan yang saling terkait secara terencana, sistimatis, terpadu, dan berkelanjutan sebagai satu kesatuan yang meliputi pengaturan, pendidikan, pelatihan, pengelolaan, pembinaan, pengembangan, dan pengawasan untuk mencapai tujuan keolahragaan nasional. Dalam pasal 4 dijelaskan bahwa Keolahragaan Nasional bertujuan memelihara dan meningkatkan kesehatan dan kebugaran, prestasi, kualitas manusia, menanamkan nilai moral dan akhlak mulia, sportivitas, disiplin, mempererat dan membina persatuan dan kesatuan bangsa, memperkukuh ketahanan nasional, serta mengangkat harkat, martabat, dan kehormatan bangsa. Penelitian ini nantinya akan dapat digunakan sebagai tolok ukur bagaimana mengembangkan dan mewujudkan prestasi olahraga yang baik, khususnya pada cabang karate dengan meggunakan konsep data mining. Untuk menerapkan konsep Data Mining, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan algoritma C4.5. Algoritma  C4.5  atau  disebut  juga  algoritma  decision  tree, merupakan  metode  klasifikasi  dan  prediksi  yang  sangat kuat dan terkenal.

References

Ahmad Saikhu, Joko Lianto, dan Umi Hanik (2011). “Fuzzy Decision Tree Dengan Algoritma C4.5 Pada Data Diabetes Indian Pima”.

Ali Ikhwan, Dicky Nofriansyah, Sriani (2015). “Penerapan Data Mining Dengan Algoritma Fp-Growth Untuk Mendukung Strategi Promosi Pendidikan (Studi Kasus Kampus STMIK Triguna Dharma”.

Anitha Mary Florence dan Ms.Savithri (2013). “Talent Knowledge Acquistion Using C4.5 Classification Algorithm”.

Dwi Ayu Nursela (2010).“Penerapan Algoritma C4.5 untuk Klasifikasi Tingkat Keganasan Kanker Payudara”.

Mambang dan Finki Dona Marleni (2015). “Prediksi Calon Mahasiswa Baru Dengan Metode Klasifikasi Decision Tree” .

Mujib Ridwan, Hadi Suyono dan M. Sarosa (2013). “Penerapan Data Mining Untuk Evaluasi Kinerja Akademik Mahasiswa Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Classifier”.

Muhammad Syahril (2011). “Konversi Data Training Tentang Penyakit Hipertensi Menjadi Bentuk Pohon Keputusan Dengan Teknik Klasifikasi Menggunakan Tools Rapidminer 4.1”.

Sulistyorini Febria’ah Sumarwanto (2015). “Pengaruh Hipnoterapi Terhadap Penurunan Intensitas Nyeri Pada Pasien Post Operasi Dengan Skala Nyeri Sedang-Berat Di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Kalbar Tahun 2015”.

Sutrisno, Afriyudi dan Widiyanto,(2013). “Penerapan Data Mining Pada Penjualan Menggunakan Metode Clustering Study Kasus PT. Indomarco Palembang”.

Umi Hanik (2011), “Fuzzy Decision Tree Dengan Algoritma C4.5 Pada Data Diabetes Indian Pima (Januari 2011)”.

Yuli Asriningtias dan Rodhyah Mardhiyah(2014). “Aplikasi Data Mining
Untuk Menampilkan Informasi Tingkat Kelulusan Mahasiswa”.
Published
2018-10-31
How to Cite
Syahputra, R. (2018). Analisa Tingkat Prestasi Atlet Karate Sumatera Barat Menggunakan Algoritma Data Mining. Indonesian Journal of Computer Science, 7(2), 200-210. Retrieved from http://ijcs.stmikindonesia.ac.id/index.php/ijcs/article/view/93