Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Sendi Berbasis Augmented Reality Menggunakan Metode Marker Based Tracking Pada Perangkat Android
DOI:
https://doi.org/10.33022/ijcs.v12i6.3482Kata Kunci:
Augmented Reality, android, Marker Based Trackin, Algoritma Natural Future TrackingAbstrak
Penggabungan teknologi dalam media pembelajaran mempunyai dampak yang jauh lebih besar terhadap seberapa baik siswa belajar dibandingkan dengan penggunaan buku saja. Namun, siswa kesulitan memvisualisasikan konsep yang diajarkan ketika media gagal memberikan visualisasi yang jelas tentang sistem sendi manusia. Siswa mungkin mengalami kesulitan dalam memvisualisasikan anatomi sendi yang dijelaskan dalam buku teks karena kurangnya ilustrasi 3D, namun dengan penggunaan teknologi Augmented Reality, mereka mungkin mendapatkan gambaran yang jauh lebih jelas tentang struktur sendi kompleks kerangka manusia. Adapun tujuan yaitu untuk merancang Augmented Reality menggunakan perangkat smartphone sebagai media pembelajaran yang dapat membantu memberikan informasi yang lebih inovatif dengan menampilan objek 3D. Secara khusus, penelitian ini menggunakan pengembangan sistem Marker Based Tracking yang menggunakan kamera ponsel pintar untuk mendeteksi marker untuk keperluan pemrosesan dan menampilkan objek visual 3D. Sistem sendi manusia dapat dipelajari lebih mendalam dengan bantuan smartphone Android, dan hasil penelitian serta pengujian sistem ditampilkan informasi dalam bentuk objek 3D.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Elga Yaun Saputra, Moh. Ali Romli Ali Romli
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.