Augmented Reality (AR) Sarana Promosi Obyek Pariwisata Jam Gadang Bukittinggi dan Pantai Wisata Carocok Pesisir Selatan

  • Randy Permana Universitas Putra Indonesia "YPTK"
  • Harkammsyah Andrianof Universitas Putra Indonesia "YPTK"
  • Riandana Afira Universitas Putra Indonesia "YPTK"
Keywords: Augmented Reality, Marker,Promosi, Android, 3D, Jam Gadang, Pantai Carocok

Abstract

Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan objek dunia maya dengan dunia nyata secara realtime. Pembuatan aplikasi ini menggunakan teknologi AR dan akan diterapkan pada smartphone berbasis android serta menggunakan objek 3D. Provinsi Sumatera Barat terletak di lokasi yang cukup strategis dan memiliki kekayaan keindahan alam dan budaya yang unik, Provinsi Sumatera Barat menawarkan banyak tempat wisata baik alam dan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi yang membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi objek wisata unggulan di Provinsi Sumatera Barat. Salah satu faktor yang menyebabkan kurang berkembangnya sektor pariwisata di Provinsi Sumatera Barat adalah karena pengelolaan informasi yang bersifat promosi dan belum mampu memaksimalkan ketersediaan teknologi informasi yang tersedia. Pembuatan aplikasi ini akan membantu meningkatkan dan memaksimalkan sektor pariwisata di Provinsi Sumatera Barat dengan mengenalkan Obyek pariwisata jam gadang pada daerah Bukittinggi dan wisata pantai Carocok di Pesisir Selatan.

References

Andhyta Primasari, Widya & Dwi Tiyanto (2014). “ Kegiatan Promosi Pengembangan Potensi Pariwisata Kabupaten Kendal (Studi Deskriptif Kualitatif Kegiatan Promosi Pengembangan Potensi Pariwisata Oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kendal Untuk Menarik Kunjungan Wisatawan Tahun 2014) “. Surakarta : Universitas Sebelas Maret.
Ardhianto, E. (2012). Augmented Reality Objek 3 Dimensi dengan Perangkat Artoolkit dan Blender. Dinamik-Jurnal Teknologi …, 17(2), 107–117. Retrieved from http://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti1/article/view/1658
Figueiredo, M., Gomes, J., Gomes, C., & Lopes, J. (2014). Augmented Reality Simulations for Teaching and Learning. International Journal on Advances in Education Research, 1(1), 22–34. https://doi.org/10.1007/sl0956-008-9119-1
Indriani, R., Sugiarto, B., & Purwanto, A. (2016). Pembuatan Augmented Reality Tentang Pengenalan Hewan Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android Menggunakan Metode Image Tracking. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia 2016, 73–78.
Kendal, P. K. (2015). Jurnal kegiatan promosi pengembangan potensi pariwisata kabupaten kendal, 1–19.
Maulana, M. R., Rusli, C. Y., & Kurniawan, I. (2016). Pemanfaatan Virtual Reality Untuk Pengembangan Kios Informasi Objek Wisata Di Kota Pekalongan Berbasis Mobile. Jurnal Litbang Kota Pekalongan, 11, 23–41.
McKalin, V. (2015). Augmented Reality vs . Virtual Reality : What are the differences and similarities ? Tech Times, 5(6), 1–6. Retrieved from http://www.techtimes.com/articles/5078/20140406/augmented-reality-vs-virtual-reality-what-are-the-differences-and-similarities.htm%5Cnhttp://www.techtimes.com/articles/5078/20140406/augmentedrealityvsvirtualrealitywhatarethedifferencesandsimilarities.%5Cn
Permai, M. (2014). Penerapan teknologi. Prosiding SNATIF Ke-1, 267–274.
Rio, U., Erlinda, S., & Haryono, D. (2016). Implementasi Model Mobile Augmented Reality e-Booklet untuk Mempromosikan Object Wisata Unggulan Provinsi Riau dengan metode 3D Object Tracking, 177–191.
S. Rosa. A and M. Shalahuddin. "Rekayasa Perangkat Lunak." Bandung: Informatika (2013).
Simarmata, Janner. Rekayasa Perangkat Lunak. Penerbit Andi, 2010.
Published
2018-10-31
How to Cite
Permana, R., Andrianof, H., & Afira, R. (2018). Augmented Reality (AR) Sarana Promosi Obyek Pariwisata Jam Gadang Bukittinggi dan Pantai Wisata Carocok Pesisir Selatan. Indonesian Journal of Computer Science, 7(2), 129-142. Retrieved from http://ijcs.stmikindonesia.ac.id/index.php/ijcs/article/view/81